Selasa, 23 November 2021

Field Trip Keluarga Besar SMKN 2 Pangkalpinang

Pada hari Selasa, 23 November 2021 keluarga besar SMKN 2 Pangkalpinang mengadakan lawatan budaya (field trip)sekaligus family gathering ke Belinyu.
Ada 9 bus dan beberapa mobil pribadi yang akan membawa seluruh rombongan menuju kota kecil yang ikonik di daerah utara Pulau Bangka.
Saya berada di bus no 5 dengan pasutri Guntur, keluarga Pasutri Pak Nuzul dan Bu Dwi , Bu Rita dan cucunya, Pak Sigit, Ayuk Ellie, Evi, Yiyin , Yuk Hema dan suami, Bang Riski dan Bang Irwan sebagai penanggung jawab rombongan, dan Bu Andalusia guru PAI, serta Bu Siti Aminah.
Sebelum berangkat sie konsumsi membagikan sarapan nasi uduk kepada kami semua.
Tepat pukul 7.18 dalam cuaca cerah kami berangkat menuju Belinyu. Tidak lupa kami berdoa mohon perlindungan Tuhan selama perjalanan tsb.
Setelah 2,5 jam perjalanan, kami sampai di Benteng Kutao Panji pukul 10. Kami sempat muter- muter kota Belinyu karena belum ada yang pernah ke sana.
Benteng ini dibangun oleh Sultan Palembang pada tahun 1776,dan tidak pernah selesai dibangun. Oleh pemerintah, benteng ini menjadi benda cagar budaya.Di dekat benteng ini, dibangun pula sebuah kelenteng pada abad 18.
Selesai menelusuri benteng bersejarah ini, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Penyusuk yang berjarak 22 km dan bisa ditempuh dalam waktu 37 menit.

Tapi kami mampir dulu mengunjungi Pakakliang yang tidak jauh letaknya. Banyak yang memberi makan bermacam ikan di kolam yang luas.
Selanjutnya, di tengah hujan yang mengguyur, kami meneruskan perjalanan ke Pantai Penyusuk.
Sekitar jam 12.30 seluruh rombongan tiba di pantai.
Acara pertama adalah makan bersama. Kemudian tampil organ tunggal dan aneka permainan perlombaan rekreatif seperti lomba makan krupuk, tuang tepung, lari kelereng dan kereta balon.
Acara berlangsung meriah. Semua bergembira. Apalagi Pak Edi Sucipto mengajak para siswa untuk berjoget. Siapa yang goyang paling heboh akan dapat saweran.
Guru dan karyawan yang membawa anak-anak berenang di pantai yang indah. Sebagian murid cowok bermain bola kaki. Semua menikmati momen yang tak terlupakan ini.
Akhirnya pada pukul 16.30 seluruh rombongan meninggalkan pantai dengan hati riang.
Tidak lupa kami mampir di Otak-otak Afung untuk membeli otak -otak daun isi dan kulit yang harum ikannya menggugah selera.